5 Dasar Optimasi SEO Onpage
September 21, 2016
SEO seperti yang kita ketahui memainkan peranan penting dalam hasil SERP (Search Engine Result Page) / hasil pencarian mesin pencari. Sesuatu yang biasanya dimunculkan pada halaman pertama hasil pencarian biasanya didominasi oleh situs / blog yang mempunyai struktur SEO yang baik. Entah itu penerapannya pada kata kunci yang digunakan, Optimasi tag judul, atribut gambar maupun yang lainnya. jadi intinya, semakin optimal SEO yang anda terapkan, semakin besar pula kemungkinan untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian, dan itu merupakan sumber trafik untuk situs / blog anda. Menguntungkan Bukan?
Pada dasarnya, ada beberapa komponen dasar SEO yang yang harus anda ketahui dan terapkan jika memang ingin mengoptimalkan SEO pada blog anda demi menjaring trafik yang melimpah. Apa saja itu? Berikut dibawah ini adalah komponen dasar SEO Onpage yang harus anda ketahui :
1. Atribut gambar (Alt-tag)
Alt-tag adalah sebuah cara yang digunakan untuk menjelaskan / memberitahukan gambar kepada robot mesin pencari karena biasanya mereka tidak dapat melihat gambar tersebut. Cara ini tidak hanya sebuah kesempatan untuk memperkaya konten (dengan keyword) pada blog anda, tetapi juga membantu gambar anda agar dapat dicari di Google. Untuk hasil yang terbaik, semua gambar yang anda gunakan harus memiliki nama file yang berbeda.
Alt-tag pada dasarnya dirancang untuk ditampilkan sebagai teks alternatif untuk sebuah gambar, dalam kasus jika gambar tersebut tidak dapat ditampilka dalam browser. Dan juga, Alt-tag biasanya muncul apabila anda menyorotkan pointer mouse pada gambar.
2. Tag Judul
Dalam sebuah situs HTML, Tag judul adalah tag dan teks yang memberitahu web browser bagaimana browser akan menangani halaman dan bagaimana akan disajikan kepada pengguna komputer. Tag judul biasanya didefinisikan sebagai <title> </ title>, Seperti yang dibutuhkan dalam setiap dokumen HTML dan dokumen XHTML.
Tag judul adalah salah satu faktor paling penting yang membantu mesin pencari untuk menentukan relevansi dari halaman terhadap permintaan pencarian. Search engine memberikanperhatian khusus pada frase atau kata-kata yang ditulis dalam tag judul. Untuk kebanyakan mesin pencari, panjang maksimum tag judul yang akan ditampilkan adalah antara 60-70 karakter. Jika tag judul Anda lebih dari 70 karakter, judul Anda akan terputus sekitar 70 karakter pada halaman hasil pencarian. Spider atau crawler memeriksa judul dan kemudian menerjemahkan topik halaman.
Inilah salah satu alasan mengapa untuk selalu menggunakan kata kunci yang terbaik dalam setiap judul halaman, dan menempatkan mereka seawal mungkin pada judul. Ingat, teks yang dimasukkandalam tag judul juga adalah teks yang akan muncul dalam SERPs (halaman hasil mesin pencari) sebagai judul terkait di mana pengguna akan mengklik untuk mengakses halaman Anda. Bahkan, hanya dengan mengoptimasi dan memperbaiki tag judul dari halaman Anda seringkali dapat menghasilkan perbaikan yang cepat dan hasil yang signifikan dalam peringkat Anda di search engine.
3. Meta Deskripsi
Meta Deskripsi adalah potongan kata yang digunakan untuk meringkas isi dari suatu halaman sebuah situs atau blog. Mesin pencari biasanya menampilkan meta deskripsi pada hasil pencarian supaya pengunjung mengetahui seperti apa ataupun tentang apa isi dari halaman tersebut sebelum user mengklik dan membacanya. Untuk hasil yang terbaik gunakan meta deskripsi tidak lebih dari 160 karakter karena biasanya mesin pencari hanya menampilkan 160 karakter saja, apabila lebih biasanya akan otomatis terpotong oleh mesin pencari dalam hasil pencariannya.
Apakah Meta Deskripsi itu penting dalam SEO?
Banyak ulasan dan artikel yang membahas masalah ini, dan sampai saat ini pun masih menjadi pertanyaan. Namun, ulasan yang disampaikan oleh SEOmoz dan Search Engine land mungkin bisa menjadi jawaban atas pertanyaan diatas.
Search Engine Land menyatakan bahwa meta deskripsi tidak akan membantu anda dalam peringkat, akan tetapi hal ini akan selalu muncul potongan atau ringkasan teks dibawah daftar anda jadi dsarankan untuk selalu memasukkan kata kunci yang relevan dan ditulis sehingga mendorong user untuk mengklik pada daftar anda.
SEOmoz menyatakan bahwa meta deskripsi untuk sementara ini tidak penting untuk peringkat mesin pencari, akan tetapi ini sangatlah penting untuk memperoleh pengunjung dari halaman hasil pencarian (SERP). Paragraf dan ringkasan pendek ini adalah kesempatan dari webmaster untuk mengiklankan konten untuk pencari dan membiarkan mereka tahu persis seperti apa halaman yang diberikan apakah memiliki relevansi dengan apa yang mereka cari.
4. Sitemap.xml
Sitemap jenis ini adalah sitemap yang menjadi rujukan bagi search engine dalam melakukan crawling sebuah website atau blog, dan tentu saja setelah anda mensubmitnya ke webmaster tool. Jika anda belum membuatnya anda dapat menggunakan free online sitemap generator yang banyak beredar seperti http://www.xml-sitemaps.com. Jika itu sudah dilakukan maka proses indeks akan menjadi lebih cepat dan tidak ada URL / halaman pada blog anda yang terlewatkan oleh robot mesin pencari.
5. Robot.txt
Selain sitemap, Robot.txt memiliki peranan penting dalam SEO. File Robot.txt digunakan untuk robot mesin pencari tentang akses ke situs anda. Sebelum mengakses dan meng-crawl halaman blog atau situs anda laba- laba mesin pencari biasanya akan memeriksa file robot.txt untuk melihat apakah robot.txt tersebut membatasi mereka untuk mengakses halaman tertentu.
Itulah 5 Komponen dasar SEO Onpage yang perlu anda ketahui. Untuk hasil yang terbaik, ada baiknya anda memperhatikan kelima hal tesebut kemudian menerapkannya pada blog anda. Semoga bermanfaat.